Virtual Meeting
02 October 2020

Aplikasi Untuk Melakukan Rapat di Rumah

Melakukan kegiatan dari rumah pada saat pandemi Covid-19 terjadi memang suatu hal yang harus dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Tidak terkecuali kegiatan bekerja yang biasanya dilakukan di kantor, kini banyak kantor dan perusahaan yang mau tidak mau harus meminimalkan kegiatan dan aktivitas di kantor, namun karyawan tetap harus melakukan pekerjaannya di rumah. Jika teknologi tidak secanggih saat ini, mungkin saja disaat kondisi seperti ini kantor dan perusahaan akan mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatan yang memang seharusnya dilakukan di kantor, seperti rapat, meeting, dan sebagainya. Namun karena kini teknologi sudah cukup mendukung, untuk kegiatan seperti rapat dan pertemuan yang seharusnya dilakukan di kantor, justru bisa dilakukan dimanapun dengan adanya aplikasi video conference yang bahkan kini bisa diakses lewat genggaman tangan.

Berikut ini kami rekomendasikan 7 Aplikasi untuk melakukan rapat dari rumah.

 

Google Meet

Aplikasi Google Meet memang dirancang khusus untuk sebuah perusahaan, lembaga atau organisasi yang ingin mengadakan video conference. Pengguna dari aplikasi google meet ini memang lebih banyak dari kalangan pebisnis dan organisasi jauh sebelum terjadinya pandemi. Aplikasi besutan Google ini sudah pasti sangat mudah untuk dioperasikan dan sangat ramah bagi yang baru pertama kali melakukan online meeting. Aplikasi ini juga memiliki kualitas suara dan video yang bagus, jelas serta lebih jernih dibanding aplikasi yang lain. Google Meet bisa menampung hingga 100 peserta. Aplikasi Google Meet, cocok untuk menjadi pilihan ketika perusahaan ingin mengadakan rapat secara online.

 

Cisco Webex

Seperti namanya, Aplikasi ini adalah hasil akuisisi Cisco kepada webex pada tahun 2007 silam. Aplikasi ini juga memiliki fungsi yang memungkinkan untuk mengadakan rapat secara online. Versi gratis dari aplikasi ini, memungkinkan untuk menampung hingga 100 partisipan dengan durasi yang dibatasi selama 40 menit. Aplikasi ini cocok untuk menjadi pilihan bagi kelompok yang ingin melakukan rapat singkat dengan banyak partisipan.

 

Skype

Skype merupakan sebuah program komunikasi yang dapat membuat penggunanya melakukan online meeting dengan sistem P2P (peer to peer). Walaupun kapasitas pengguna Skype hanya terbatas 25 Orang, dimana jumlah tersebut masih terbilang lebih sedikit dari aplikasi-aplikasi video conference lain yang telah direkomendasikan di atas. Namun karena eksistensi skype selama 17 tahun masih digadang-gadang dan menjadi aplikasi yang cukup populer untuk melakukan rapat dan pertemuan secara online.

Skype bisa diakses gratis dan tidak dibatasi waktu, penggunaan skype juga cukup mudah. Selain dapat diakses melalui smartphone, skype juga dapat diakses melalui desktop. Kualitas suara yang baik menjadi keunggulan skype, fitur yang ada pada skype seperti video conference, chat dan share screen juga dapat menjadikan skype sebagai aplikasi yang tepat untuk melakukan rapat online dengan jumlah peserta rapat yang tidak banyak.

 

Microsoft Teams

Aplikasi microsoft teams kini semakin digemari hingga dikabarkan telah memiliki 12 juta pengguna aktif. Secara fungsi Microsoft Teams tidak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi yang telah kami bahas sebelumnya. Namun keunggulan microsoft teams adalah memiliki fitur yang lebih efisien untuk kelompok bisnis yang ingin segala kegiatan pekerjaannya terintegrasi dengan Fitur-fitur Office-365. Fitur tersebut Seperti pembagian berkas, Gratis penyimpanan cloud sebesar 10GB. Microsoft Teams merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk para profesional yang ingin mengadakan rapat dan pertemuan secara online.

 

Ikuti kami di Instagram
Dapatkan berita dan informasi menarik
Luvisa is an event organizer service provider in Jakarta for corporate events, schools, bazaars, outbound unique concepts with complete event documentation.