Rapat Online
29 August 2020

5 Etika Rapat Online Saat Work Form Home Yang Wajib Anda Terapkan

Indonesia sejak awal 2020 sudah diguncangkan dengan adanya wabah korona yang merubah banyak aktifitas masyarakat. Perubahan tersebut dirasakan dari sistem belajar, seminar, bekerja, hingga perubahan sistem rapat. Kini sudah diterapkan banyak aktifitas menggunakan sistem online seperti sistem rapat online demi memutus rantai covid-19.

Namun meski dilakukan secara online, kegiatan tersebut tetaplah harus diterapkan dengan serius apalagi dalam suasana rapat dengan pembahasan yang penting. Dengan demikian, bagi Anda para pekerja yang sedang menghadapi banyaknya schedule rapat online, pastikan Anda mulai terbiasa menerapkan 5 etika rapat online berikut ini:

 

  1. Pastikan Gunakan Tombol Mute Jika Tidak Berbicara

Rapat online dengan rapat di rumah jelas sangat berbeda. Jika di kantor ruangan rapat sudah disiapkan sedemikian rupa demi menciptakan suasana rapat yang kondusif, maka rapat online di rumah mungkin perlu sedikit effort agar kebisingan di rumah tidak mengganggu konsentrasi peserta rapat lainnya.

Jadi, jika tidak sedang berbicara, ada baiknya Anda menggunakan tombol mute agar suara-suara di rumah tidak mengurangi suasana kondusif rapat Anda.

 

  1. Tetap Aktif Berkomunikasi

Meski tombol di mute dan orang lain tidak mendengar apapun yang bersuara di rumah Anda, bukan berarti Anda tidak aktif berkomunikasi dalam rapat ya. Tetaplah memberikan saran atau pertanyaan yang menandakan bahwa Anda memang stay pada forum rapat tersebut dan memerhatikan setiap sesi dengan fokus.

 

  1. Menggunakan Busana Seperti Halnya WFO

Sama halnya dengan busana ke kantor atau work from office pada umumnya, rapat online juga ada baiknya menggunakan busana yang sama sesuai kebiasaan kantor Anda. Jangan hilangkan kebiasaan ini meskipun rapat tidak dilakukan secara langsung seperti biasanya. Jadi, gunakan busana kantor seperti biasa saja ya, sesuai jadwal dan aturan kantor.

 

  1. Tetap Tepat Waktu

Selanjutnya, rapat online bukan berarti Anda bisa datang seenaknya. Etika dalam rapat online sama halnya dengan rapat seperti biasanya yang mana waktu adalah uang. Jadi, tetap datang tepat waktu ya, karena terlambat rapat online juga tentunya tetap akan mengurangi kinerja Anda di depan atasan.

 

  1. Meskipun Online, Tapi Tetap Fokus dan Hindari Aktifitas Lain Ya

Tidak karena rapat dilakukan secara online, maka Anda bisa mengikuti rapat sambil asyik melakukan hal yang lainnya. Hal ini tentu akan bercitra tidak baik kepada diri Anda sendiri jika ada yang tidak sengaja melihat atau mendengar ketidakfokusan Anda. Apalagi jika ketika sedang mengerjakan yang lain tiba-tiba atasan memanggil Anda dan Anda tidak menyadarinya, pastinya tidak baik pula bukan?

Jadi tetap fokus dengan rapat Anda dan hindari mengerjakan aktifitas lainnya secara bersamaan. Bila perlu gunakan earphone atau handphone berkualitas agar lebih fokus lagi.

 

Nah, demikian 5 hal yang sebaiknya diterapkan saat sedang rapat online. Intinya, anggap saja bahwa rapat tersebut memang sama halnya dengan rapat biasanya sehingga Anda tetap perlu menjaga etika baik dari ucapan maupun pakaian Anda.

Ikuti kami di Instagram
Dapatkan berita dan informasi menarik
Luvisa is an event organizer service provider in Jakarta for corporate events, schools, bazaars, outbound unique concepts with complete event documentation.